Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well,… kadang kita melihat… lho ada product motor baru yang launching… tapi kok nggak laku seeeh …??? Kemudian banyak masukan… waaagh kurang advertising atau iklannya…. biar brand awareness…. !!! Lhaaa sudah banyak usaha dan biaya… tetep saza penjualannya tidak menggembirakan… !!! Kira-kira apa sih penyebabnya… ??? Oggggh designnya tidak sesuai dengan mindset konsumen… motornya cepet bobroook alias kualitasnya tidak seperti yang diharapkan… mungkin itu beberapa penyebab yang diperkirakan… !!! Lhaaa teruz bagaimana cara mencegahnya … agar hal tersebut tidak terulang ….??? 😀
Yup… pendekatan ethnography bisa dilakukan untuk meminimalisir hal itu …!!! Teknik ini paling banyak digunakan oleh bidang antropologi untuk mengumpulkan data tentang sosial budaya suatu masyarakat …!!! Waaagh ruweeet mas…. bisa dibikin gampang nggak pemahamannya …??? Gini deeegh… mungkin dulu waktu kecil… kita suka diasuh oleh si mbok …!!! Si mbok ini begitu setianya… kepada kita… sampai-sampai si mbok tahu persis… apa makanan kesukaan kita,… warna kesukaan kita,… bahkan ketika jatuh cinta pun… si mbok lebih tahu… !!! Naaagh kok bisa si mbok tahu… ???
Lhaaa wong si mbok… mengikuti terus sepak terjang kita… dari mulai kecil sampai remaja …!!! Jadi si mbok tahu persis apa mindset kita tentang makanan misalnya,… tentang warna misalnya etc…!!! Pendekatan yang langsung ‘nyebur’ ini bisa disebut sebagai pendekatan ethnography …!!! Berbeda pendekatannya misalnya dengan cara interview… ketika ditanya… warna kesukaan seperti apa… ??? Dijawab biru… biru itu bisa banyak kombinasi… dari yang muda …sampai yang tua… !!! Kalau pendekatan ethnography akan bisa memastikan… ogggh kesukaannya adalah biru agak tua… bukan muda… alias lebih precise …!!!
So… disini pentingnya ethnography… dan tidak heran sekarang … yang namanya lembaga survey… berusaha mencari responden model mbok-mbok iku… alias bikerz yang ngerti banget tentang selera konsumen motor …!!! Gue sudah beberapa kali… diminta untuk diinterview… dianggap sebagai ‘shortcut’ dari pada memantau butuh waktu lama… maka info dari seorang ethnographer… sangat penting… !!! Agar dari R&D nya tidak salah bikin design… agar pricing strategy nya sesuai kebutuhan… agar promonya mengena… etc…!!!










Leave a Reply