Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Oalaaaagh (ganti gaya mode on),… prediksi perang habis-habisan di tahun 2010… mulai menunjukkan tanda-tanda kebenarannya …!!! Jika di bulan Januari 2010 Honda kalah cukup telak… sekitar 23 rebu unit… maka di bulan Februari 2010,… Honda berusaha mengejar… walau tetep kalah dengan jarak waktu… 7 rebuan unit …!!! So,.. dengan angka ini… Yamaha berusaha untuk memperbesar jarak lap time… sebesar 31 rebu unit… !!! Jumlah yang nggak main-main… alias hampir 60% dari selisih Honda atas Yamaha di tahun 2009 …!!! 😀 
Di bulan Februari 2010 ini,… tercatat pabrikan Yamaha berhasil melego sebesar 250.894 unit, sedangkan Honda berhasil menjual sebesar 243.412 unit, dan Suzuki 37.004 unit serta Kawasaki sebesar 6007 unit …!!! Dilihat dari pergerakan market share secara kumulatif,.. memang Honda mulai menunjukkan ‘untu’ nya… dari 43.03% menjadi 44.19% …!!! Semua pabrikan mengalami penurunan market share secara kumulatif… Yamaha dari 47.72% menjadi 47.18%, Suzuki dari 8.01% menjadi 7.43%, dan Kawasaki dari 1.25% menjadi 1.18% …!!!
Memang,.. jajaran skutik Honda belum bisa berbuat ‘maksimal’ …!!! Dari sisi porfolio skutik honda baru bisa berkontribusi sekitar 36%… !!! Agak sulit dalam mengantisipasi ‘shifting demand’ dari bebek ke skutik …!!! Persoalannya adalah jika kapasitas skutik Honda menjadi issue utama… dan baru bisa menjadi ‘pemain inti’ kuartal ke 2 tahun 2010,… maka kemungkinan akan terlambat dalam memacu motor Honda … menghadapi ketertinggalan lap timez… !!!
Secara market share kumulatif,… jika kita bandingkan dengan tahun 2009… hanya Yamaha dan Kawasaki… yang sementara ini… menunjukkan peningkatan market share (monggo lihat tabel diatas red.) …!!! Walau demikian terlihat pabrikan Honda berusaha mengejar ketertinggalan ini… !!! Di bulan Maret ini,… jika kondisi nya masih begitu-begitu… bisa jadi Yamaha menang lage melawan Honda… walaupun jaraknya makin tipiz… !!!
Selama 2 bulan ini,… gue melihat pabrikan Yamaha melakukan ‘smart promo’ terkait dengan product-productnya …!!! Di awali,… ketika akhir tahun…
Sayang aza,… strategi out of the box dari Yamaha ini… nggak diikuti oleh pabrikan Honda …!!! Padahal waktu itu ada event 1st Anniversary KoBOI… suatu kesempatan bagus… jika bisa melihat Mbak Tiari ‘lungguh’ di skutik baru Honda… !!! Yaaagh,… mungkin perlu mencari moment lagi… walaupun moment itu menghilang… padahal sudah diingetin lho… !!! xixixi 😀
Gimana dengan Suzuki …??? Kelihatannya masih adem ayem.. malah penjualannya menurun sekitar 8% di bulan Februari 2010 ini …!!! Padahal total penjualan meningkat dibandingkan bulan Januari 2010… !!! Demikian pula Kawasaki mengalami penurunan penjualan walau pun tidak banyak mengalami penuruna 4% dibandingkan bulan Januari 2010 …!!!
Last,… kira-kira apa yang kudu dilakukan Honda dalam membendung Yamaha … ??? Mau nggak mau… kudu ada strategy ‘out of the box’ … terutama dibidang promo … !!! Iklan Honda sudah banyak mengalami kemajuan… monggo dilihat iklan Honda Abs Revo… yang begitu ringan… membuat mudah diingat oleh para konsumen …!!! Namun dari sisi spy shot,… masih sangat kurang… masih terlihat relatif ‘konvensional’… padahal track musim ini… begitu berbeda… motor Yamaha terlihat semakin ngaciiiir… so kudu mempersiapkan motornya dengan lebih baik… kalau mau mengalahkan Yamaha… ya tho… ??? 😀










Leave a Reply