Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well,… setelah prediksi gue di tahun 2008… bahwa Yamaha V-ixion memang jadi Giant Killer… bagi pendahulu jawara Motor Sportz… seperti Suzuki Thunder 125 dan Honda Megapro… !!! Si Giant Killer… sudah jadi Raja… ya tho… ??? Dan sudah menjadi pakem… bahwa sang Raja kudu melanggengkan kekuasaannya… jangan ada gejolak ataupun ataupun ‘coup d’etat’ terhadap sang Raja.. betul tho… ??? Yaaagh ini berdasarkan theory kekuasaan… setuju opo oraaaa … ??? 😀
Naaagh… kalau mau mengalahkan sang Raja,… yang pasti kudu lebih mumpuni… !!! Lha kalau Pilpress aza sang presiden tentu karena pilihan rakjatnya… demikian juga Sang Raja motor tentu karena pilihan konsumen… dan faktornya yaaa apalagi kalau nggak aspek teknis … dan harga… !!! Gabungan 2 hal tersebut… yang menyebabkan Yamaha V-ixion bisa jadi jawara… dan itu telah gue prediksi sebelumnya…. !!! Yang jelas… sekarang konsumen makin happy… dengan Rp. 20an jeti… dapet motor sekelas V-ixion… !!!
Naaagh… what’s next … ??? Jika ‘sang penantang’ ingin jadi raja… jika harganya sama aza… so aspek tekniknya harus bisa mengalahkan V-ixion … !!! So ini tantangan buat pabrikan lain… untuk membuat motor sportz… tarohlaagh type naked bikez…. harganya sama… tapi aspek teknisnya (termasuk design red.)…. lebih unggul dibandingkan V-ixion … !!!
Naaagh gimana buat Yamaha sendiri… ??? Pabrikan Yamaha kudu hati-hati… apalagi berani masukin FZ16… even dengan banderol lebih murah… coz impactnya bisa juga kena Sang Raja.. !!! Artinya begene,.. misalnya.. sekali lagi misalnya… FZ16 dengan engine 153cc… dibanderol seharga … katakan Rp. 18 jeti… !!! Jika Yamaha V-ixion nggak pake injeksi… mungkin pricenya kurang dari 1 jeti… jika nggak pake liquid cooled…. mungkin kurang Rp. 1 jeti… !!! So jadi bisa saja baik V-ixion atau FZ16…. nggak ada untungnya dimata konsumen… !!!
Yaagh tentu saza… konsumen ada pilihan tambahan untuk milih… tapi secara value… mungkin sami mawon… !!! Dari sisi produksi… tentu saza tambahan line of production… juga akan menambah mata rantai produksi… dari type casing yang berbeda… engine yang beda… skill mekanik yang beda… etc… !!! So apa untungnya buat pabrikan… malah tambah repot tho… ??? Oleh sebab itu… banyak pabrikan… melakukan efisiensi dengan … misalnya bentuk tipe sama… tapi engine beda… atau sebaliknya engine sama… casing beda… !!!
Lha… gimana kalau dibanderol lebih murah… mas tri…??? Taroh laagh Rp. 16 jeti.. !!! Oke… tentu dimata konsumen akan lebih worthed… tapi penurunan price… akan memangkas margin… !!! Sudah siapkah… margin terpangkas… gimana dengan advertising cost yang meningkat… untuk mem-booost line of product yang lain… ??? Ruwet tho… jadi ndak mudah mem-planning… menggembar-gembor… FZ16 akan keluar di jalan raya… apalagi dengan engine 150an cc… !!!







Leave a Reply