Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







yang isinya sedih.. mulu… Anyway, carbu adalah parts yang paling banyak dituning, diganti dsb selain parts lain seperti CDI, gear, busi dll. Apa sih yang menyebabkan parts ini sering disetting / dituning bahkan diganti.. terutama bagi kalangan speed freak …???
Carburator adalah suatu part yang akan mencampur udara dan bensin sebelum masuk ke internal combustion. Carbu ini ditemukan pada tahun 1893 oleh Scientist asal Hongaria yaitu Donat Banki dan Janos Csonka. Carbu bekerja berdasarkan prinsip Bernoulli, yaitu aliran udara akan melewati lobang (disebut lobang venturi.. bukan lobang lain yah..). Semakin banyak udara masuk ke carburator, maka tekanannya akan menurun. thus, akan menciptakan tekanan yang rendah atau vacum di venturi. Dan ketika throttle valves terbuka, maka bensin akan masuk ke carbu melalui berbagai jets. Selanjutnya bensin dan udara akan bercampur.Teruz, gimana kaitannya dengan main jet / pilot jet dsb ??? 
Kalo ada yang ganti misalnya main jet dari 100 ke 120, berarti sewaktu throttle valve terbuka 60% – 100%, maka jet ini akan bekerja. Dan karena ukurannya lebih besar, maka bensinpun juga nyentor jalannya… dan itu akan meningkatkan performance motor… But, apa sesimple itu.. ?? Nggak juga, asupan bensin harus diimbangin dengan udara… makanya kalau ngerubah jet dgn ukuran yang signifikan besarnya, maka ukuran carbu pun kudu berubah.. Dan setting carbu itu kudu bener.. kalo nggak perpindahan jet dari satu ke yang lainnya.. nggak akan smooth.. bisa menjadi brebet… ngeledak-ledak … dsb…










Leave a Reply