Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well,… Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama (BBN) untuk daerah DKI Jakarta tidak mengalami kenaikan…
Setidaknya ada ‘rem’ dari konsumen untuk pembelian product baru… ataupun ‘model Indonesia’ pinjem KTP orang lain …!!! Justru yang gue khawatirkan adalah konsumen mengerem pembelian… !!! Ini ibarat carburator dicekeeek spuyernya… lha wong mindset konsumen bilang… ngapain gue beli additional motor… lha wong costnya bakalan meningkat… !!! So… impactnya adalah… konsumsi motor Indonesia… akan susah menembus level psikologis 7 jeti unit pertahun …!!!
Lho… kok mas tri mendukung pembelian motor sebanyak-banyaknya …??? Gene sudut pandangnya,… kalau market Indonesia semakin tinggi… let say laagh 8 jeti unit… maka pabrikan akan memperluas pabrikannya… !!! Pabrikan lain akan tergiur juga berinvestasi di Indonesia… at least mereka membeli tanah… kemudian mendirikan pabrik… kemudian merekrut pekerja… mendirikan dealer motor… memberikan ruang bagi perusahaan leasing… dan itu semua… cipratan duit semua… !!!
So… pengangguran manusia Indonesia berkurang… growth economic akan berkembang… dan masih banyak lageee multiplier effect yang akan ditimbulkan …!!! Jika pajak progresif diterapkan… market motor di Jakarta sekitar 20% … maka akan mengganggu penjualan motor secara signifikan …!!! So,… pajak ini akan menghambat… pertumbuhan industri otomotif… dan akhirnya yang namanya investment… terutama Foreign Direct Investment (FDI)… untuk bidang otomotif… berpotensi menurun …!!!
Lhaaa kepiyeee nasibnya Juragan Ojeck… yang punya belasan motor ojek… yang disewakan… !!! Akankah setorannya naik… atau ongkos ojeck akan meningkat… ??? Ntaagh laagh,… mungkin itu satu sisi … disisi lain yang gue khawatirkan adalah daerah lain akan ikut-ikutan… menerapkan pajak progresif ini … apa jadinya penjualan motor skala Nasional …??? Apakah sudah ada study komprehensif terkait ini… maksudnya impact dari kenaikan pajak progresif ini… pada bidang lain… seperti potential loss di investment,… potential loss pada economic growth… ???








Leave a Reply