Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well,… ngeliat angka-angka forecasting Yamaha untuk periode 1 Januari 2010 s/d 31 Desember 2010,… jelas sekali terlihat… total penjualan yamaha di seantero jagad… diproyeksikan meningkat 12% dibandingkan tahun 2009 … !!! Yup… ditahun 2010 ini.. target proyeksi penjualan sebanyak 6.5 juta unit… bandingkan dengan realsasi penjualan di tahun 2009 sebesar 5.8 juta unit … !!! Jika dilihat per region… terihat banget bahwa hanya Asia yang ditargetkan naik paling banyak sebesar 14%… !!! Region lain seperti Jepang, North America, Europe relatif bisa dibilang stagnant ataupun diproyeksikan sedikit menurun … !!! Lha bagaimana dengan target di Indonesia… ??? 😀
Jika ditahun 2008… sekitar 52% penjualan di Asia (penjualan Asia sebesar 4.7 juta unit red.) berasal dari Indonesia… sedangkan di tahun 2009 … sekitar 53% penjualan di Asia (sekitar 4.9 juta unit) juga berasal dari Indonesia… maka simple nya target penjualan di tahun 2010… bisa diperkirakan sebesar 54% dari proyeksi penjualan di Asia… !!! Jika proyeksi penjualan di Asia di tahun 2010,… sebesar 5.7 juta unit… maka bisa dipastikan… target Yamaha di Indonesia sekitar 3 juta unit … !!! Duuugh… ini berarti setiap bulan paling tidak sebanyak 250 rebu unit… motor Yamaha kudu laku di Indonesia… !!! Lha,… bagaimana perkembangan selama 2 bulan ini… ???
Well,… pabrikan Yamaha sudah bisa membukukan sebesar 490 rebu unit… !!! Yaaagh kalau bicara target… ‘setoran’ Yamaha masih kurang sebesar 10 rebu unit… !!! Memang,… jika bicara joki / racer dalam penjualan motor Yamaha… joki Indonesia adalah yang ter-the best yang dimiliki Yamaha saat ini … !!! Lha wong di tahun 2009, secara total penjualan Yamaha turun 0.5% dari sisi unit… !!! Sedangkan di Asia meraih kenaikan sebesar 5.8% di tahun 2009… lah di Indonesia bisa ngaciiiir sebesar 7.5% … !!! So jelas,… engine dan skillz orang Indonesia untuk Yamaha… sudah setara seperti the Doctor di ajang MotoGP … !!!
Ada beberapa asumsi atau proyeksi yang bikin agak kebat-kebit… !!! Pertama, … diproyeksikan JPY menguat dibandingkan USD dan EURO… !!! 1 USD diproyeksikan sebesar JPY 88 di tahun 2010… sedangkan di tahun 2009 saza… sekitar 1 USD sebesar JPY 94 … !!! Hal ini akan mempengaruhi net sales secara konsolidated… terutama net income… diujung-ujungnya… !!! Terlihat sekali beberapa proyeksi pembenahan juga dilakukan… seperti peningkatan sales expansion, cost reduction in purchasing, decrease in selliing, general and administrative expense… etc… dimana semuanya akan membuat Yamaha lebih berkembang… jika target-target yang telah ditetapkan tercapai… !!!
Last,… jika Indonesia nggak bisa mencetak pembalap di ajang dunia… laykanya seorang Valentino Rossi…. yaagh at least Indonesia bisa mencetak pembalap marketing motor yang tangguh… dan hal ini sudah dibuktikan secara angka-angka… !!! Target sebesar itu… gue melihat …. bargaining power Yamaha Indonesia akan semakin kuat… at least product-product baru… bisa diprioritaskan brojoool di Indonesia duluan… !!! Yaagh wajar laaagh,… lha wong sebagai racer marketing… mestinya bisa diterjemahkan… what ever you wish for.. i will treat as a command … !!! 😀










Leave a Reply