Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well… banyak media baik itu media cetak / elektronik yang meliput launching product anyar dari Suzuki.. yaitu Skydrive …!!! Bahkan beberapa rekan wartawan… sudah mengulas tentang aspek teknikal… ataupun test ride product anyar ini …!!! Yaagh… gue akan mengulas sisi lain aza daaagh… bukan apa-apa… kalau mengulas juga… bakalan bosyeeen degh… dan satu lagi apa… ??? Value Added nya… manaaa… ??? Khan harus tampil beda… sesuai strategy differensiasi… !!! Oke, lanjut… gue mau bahas dulu harapan yang tercetus… pada product anyar Suzuki Skydrive ini… !!! Apa harapannya… ??? 😀
Pertama… yaagh lage-lage… target penjualan Suzuki Skydrive … para manajemen optimis dengan angka 12 rebu unit… !!! Well… mari kita lihat harapan ini… !!! Yaagh… memang wajar saza… gantungkan cita-cita setinggi langit… !!! Lihat sewaktu
Jadi… brojoool Suzuki Skydrive… sudah ada ‘beban’ dipundaknya… !!! Saudaranya… seperti Suzuki Spin saza… laku sekitar 4000-an unit per bulan… dan sang kakak… Suzuki Skywave.. laku sekitar 3000-an unit per bulan… !!! Yaagh data itu penjualan… ditahun 2009 ini… dimana demandnya cukup lesu …!!! So… jika ngeliat data ini… target 12 rebu jelas berat… dan diatas kertas akan sulit tercapai… jika strategi marketing plus advertising… masih gitu-gitu aza… !!!
Berikutnya… adalah kira-kira siapa yang bakalan dibidik… terkait dengan peluncuran Suzuki Skydrive… !!! Jika ngelihat banderolnya yang sebesar Rp. 13 jeti… maka besar kemungkinan adalah Yamaha Mio Soul dan tentu saza Honda Vario …!!! Yaagh memang strategi Suzuki … menyerang kedua product tersebut dengan 2 productnya yaitu Suzuki Skywave dan Skydrive … !!! Suzuki Skywave lebih diposisikan untuk menghajar Honda Vario sedangkan Suzuki Skydrive lebih diposisikan untuk menghajar Yamaha Mio Soul… !!!
Target yang diatas … bisa dibilang skutik ‘premium’… dan harga bukan segalanya… !!! Buktinya,… dari data bulan Februari saza… Honda Vario terjual 40% lebih banyak ketimbang Yamaha Mio Soul… !!! Padahal dari sisi harga… Honda Vario dibanderol 12.6% lebih mahal dibandingkan Mio Soul… so hukum supply-demand… ndak berlaku… alias ndak price sensitif… !!! Kasus ini akan semakin runyem dengan kehadiran Skydrive… yang dibanderol sama persis dengan Mio Soul yaitu Rp. 13 jeti… !!!
Gue sempet membaca berbagai analisa… dimana Skydrive ini.. bakalan bisa mengobrak-abrik… pasar skutik premium ini… !!! Jika ditanya alasannya apa… kok bisa yakin mengobrak-abrik…??? Â Lha jawabannya… hemat bahan bakar… dan desain nya yang cukup bagus… !!! Hemat bahan bakar… untuk kasus product premium… nggak jaminan kok… !!! Kenapa juga… FU-150 udah ketahuan boroz… malah grafik lakunya.. makin kenceng… !!! Kenapa juga mio sporty.. yang relatif lebih boros … kok masih kuenceng aza.. lakunya… !!! So… mirip Om Deddy Mizwar… faktor boros itu… sesendok teh… yang lebih berperan adalah design… sekali lagi design… !!!
Naaagh… gimana design skutik Skydrive ini… ??? Silahkan menjudge aza degh… gue mau cerita mindset design dari sisi konsumen skutik… !!! Konsumen skutik ini… terbagi atas 2 bagian… !!! 1 bagian… yaitu didominasi konsumen wanita dan konsumen pria yang bodynya tanggung.. !!! Naah segment ini… lebih prefer skutik yang ramping… design yang maniezz… design yang terlihat menonjolkan passion sexy… !!! Segment ini yang cukup banyak… jadi kalau mau masuk ke segment ini… jangan sekali-kali… nawarin skutik yang gambot… skutik yang puaanjang… !!! Fitur bagi segment ini … nomor sekian… bodo amaat katanya… !!!

Jika pertanyaannya adalah apakah akan mengganggu kompetitor lain di skutik premium… ??? Jawaban gue yaa pasti laagh… tapi seberapa besar.. that’s next question… !!! Tapi kalau ditargetkan 12 rebu per bulan… pada masa ‘krisis global’ saat ini… gue agak pesimistis… !!! Segment pasar skutik premium ini sekitar 50 – 55 rebu sebulan… dimana Honda megang sekitar 54%, Yamaha sekitar 38%, dan Suzuki sekitar 8% …!!!
So.. jika diasumsikan.. sebesar 12 rebu… sedangkan kue Suzuki Skywave dianggap tetap… dan kue Honda Vario dan Yamaha Mio Soul .. prorata tergerogoti… maka petanya akan menjadi Honda sekitar 41%, Yamaha sekitar 27%, dan Suzuki 32%… apa bisa… ??? Pasti laaagh para kompetitor akan mengambil ancang-ancang… dan kalau sudah begini… prediksi kue yang bisa diambil oleh Suzuki maksimum 15%… !!! jadi silahkan hitung sendiri… kira-kira berapa unit yang bakal laku terjual dalam sebulannya… !!!
Last,… memang strategi gandeng accesories Suzuki pernah gue bahas diartikel sebelumnya… dan ini memang suatu kemajuan… !!! Namun, yang lebih penting sebagai kunci memenangkan perang di skutik… design yang sesuai dengan mindset konsumen… !!! Rodo abstract… yaagh memang… namun itu laagh tantangan yang dihadapi R & D… !!! Mana bisa R & D Thailand memahami karakteristik mindset konsumen Indonesia… lha wong selera wong Indonesia bedooo jeee karo wong thailand … !!! 😀









Leave a Reply