Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well… memang biasanya gue ngebongkar sendiri kalau mau service .. tarohlah mau ganti oli.. !!! Paling kalau mau ganti partz.. bareng-bareng mekanik ngebongkar di rumah… !!! Nagh… beberapa hari yang lalu… gue coba ke bengkel Ducati.. untuk ganti oli, oil filter etc… !!! Kalau cuma ganti oli doang sih… bisa sendiri… namun karena ini kudu ganti oil filter.. sedangkan partz itu gue nggak ada… yaagh lebih bagus ke bengkel… !!! Dan memang untungnya… jika moge itu ada ATPM nya… semua moving partz … ada semua… jadi kita nggak usah repot-repot untuk import dari LN… !!! Mungkin ada yang bertanya … gimana dengan harganya… ??? 😀
Oli yang digunakan di bengkel Ducati ini adalah Elf … !!! Memang kalau recommendnya pakai Shell Ultra 5w-40, namun karena ini product nggak masuk… (nggak tahu deh Shell kenapa juga nggak masukin red.),… akhirnya menggunakan Oli Elf 10W-60 fully syntetic… !!! Kalau dilihat spec viscositas.. menurut gue lebih bagus pake 10W-60… karena motor gue cuma oil cooled… dan kondisi Jakarta rawan macet.. sehingga membutuhkan viscositas yang lebih baik… dibandingkan kondisi jalan misalnya di Europe… !!!
Setelah itu dilakukan pengecekan dengan alat yaitu Ducati Diagnosis System…!!! Alat ini mirip bentuknya seperti laptop…. tinggal diconnectkan saza pada cable data yang ada di Ducati… !!! Dipilih tipe nya Ducati S2R, kemudian komponen Ducati bisa disetting disini… !!! Keliatan juga log nya,… misalnya pernah gagal start…. ataupun kita mau ngeset engine RPM etc.. !!! Berbagai indikator bisa terlihat disini… tinggal pilih aza.. dan tampilannya mirip seperti performance monitornya Windows… !!! Setelah semua nya disetting dan sudah oke… log nya yang lama yang mencatat jika ada error bisa direset.. !!! Berikutnya gue minta tolong … (sekalian red.) si mekanik ngecek minyak rem… apakah masih bening atau perlu dikuras… !!! Demikian juga sekalian minta diintipin… kanvas remnya masih tebel atau udah tipis sehingga perlu diganti… !!! Setelah semuanya selesai… yaa udagh tinggal bayar… dan si Monster sudah siap membawa tuannya… mlaku-mlaku nang daalaan… !!! But anyway,… gue nggak bisa ngikot jalan-jalan ke Bandung… coz kudu service motor… yaagh… itu adalah opportunity cost laagh… khan hidup ini kadang adalah pilihan… bukankah demikian… brother… ??? 😛








Leave a Reply