Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well,… menarik juga membaca ulasan pakar marketing Hermawan Kartajaya mengenai
So… yang menjadi target… tentu saza agar mindset konsumen… setuju dengan yang disuarakan… sehingga selanjutnya konsumen akan membeli productnya… !!! Itu target jangka pendek… dan jangka panjang apa… yaagh customer loyalty … !!! Positioning suatu brand… bisa saza berubah-ubah… dari misalnya memposisikan motor yang irit… bisa jadi menambahkan motor yang cepet namun irit… !!! Ataupun dari motor yang cepeeet… yang semula boroz… namun tiba-tiba irit penggunaan bahan bakar… !!!
Jadi positioning nya… dikemudian hari… bisa menjadi ‘palugada’ … !!! Apa lu mau gue ada… dalam artian … konsumen membayangkan motor cepet… brand ini cepet… konsumen pengen irit… product ini cepet dan irit…. konsumen pengen nggak bikin polusi… ditambahin cepet, irit dan nggak bikin polusi… !!! So intinya adalah… bagaimana kepengen konsumen … tiap jengkel keinginan ini laagh terjadi war of positioning … berbagai brand… terlebih market motor… ampuuuun daaagh… !!!
Lha jaman dulu… cuma pake iklan di TV cukup… orang nggak ada diskusi… !!! Proses positioning memang tergantung kuat-kuatan… dan coverage channel TV dalam menjangkau konsumen… !!! Namun sekarang… dalam dunia maya.. baik blogz, media online lain… perang positioning… malah sangat kompleks… !!! Coz … konsumen akan semakin mudah… dan cepet belajar tentang value dari suatu product… !!! Konsumen tidak mudah begitu saza menerima ‘doktrin’ positioning dari product yang ditawarkan… !!!
Jadi… gimana donk positioning di era new marketing … ??? Yaagh … menurut gue … product yang harus ditawarkan… makin lama value nya kudu makin meningkat… kemudian harus transparan… no cheating… dan relationship dengan berbagai media online… kudu dijaga dengan baik… !!! Apalagi kepada rain makerz… yang banyak bermunculan… baik dari yang sangat berpengaruh… s/d yang kurang berpengaruh… kudu direngkuh dalam jalinan relationship… !!!









Leave a Reply