Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well… jika pada artikel sebelumnya… gue membahas mengenai performance Yamaha… baik di jagad ini maupun di Indonesia… sekarang gantian gue membahas Honda… biar adil… !!! Pemaparan nya juga dibikin seobyektif mungkin… no tricks no lies… !!! Jika Yamaha bisa mencapai market share 10.7% dari penjualan motor dunia yang sebesar 46.6 juta unit, maka Honda bisa jual 10.37 juta unit atau menguasai market share sekitar 22.3% …!!! Jika dibandingkan dengan Yamaha… jelas market share Honda ini lebih dari 2 kali lipatnya… !!! 😀
Teruz gimana market share Honda secara region… ??? Berbeda dengan Yamaha, dimana penjualan di Indonesia memberikan kontribusi utama pada penjualan secara unit number,… maka penjualan Honda di Indonesia cukup penting juga… !!! Lihat saza dari data tahun 2008, penjualan Honda di Indonesia sekitar 31%… !!! Lha iyaaalaah di tahun 2008 aza jualan Honda sekitar 2.8 juta unit… !!! Jualan Honda di Thailand sekitar 1.2 juta unit…, Vietnam juga sekitar 1.1 juta unit… !!! So jika dilihat per negara… sami mawon… Indonesia yang jadi juara… in term of unit sales… !!!
Jika dilihat lagi… memang secara number di tahun 2008.. pasokan Honda di Indonesia, sangat didukung oleh penjualan bebek… dimana secara Nasional market share Honda bebek sekitar 52%… !!! Kedigjayaan Honda masih berlanjut di sektor motor sportz… namun di sektor skutik… laju Honda agak tertahan… !!! Sebagaimana terlihat… skutik Honda menguasai 33%.. masih kalah dibandingkan Yamaha yang masih diatas 50-an%… !!!
Jadi jika melihat peta pertempuran pasar motor di dunia,… sebenernya terjadi di Indonesia… !!! Lha iyaa… baik Honda ataupun Yamaha… Indonesia menyumbangkan paling besar… !!! Jadi mau nggak mau,… Honda kudu bisa bertahan dari gempuran Yamaha… !!! Sekali lagi mau nggak mau… R & D kudu dipindah dari Thailand ke Indonesia… biar time to market nya cepet… !!! Silahkan aza check … Honda Absolute Revo .. kapan di launching di Thailand… kapan baru masuk ke Indonesia… !!! Rata-rata time to market di Indonesia lebih lambat 4 – 6 bulan dibandingkan di Thailand… !!!
Padahal di Thailand… lagi-lagi… guuuuureeeemm… yup pasare gureeeeeemmm… !!! Naagh yang jadi tantangan adalah… siapkah SDM Indonesia untuk R & D… !!! Soale kasus Honda CS-1… bisa jadi bumerang… dimana didesign oleh orang kita.. tapi menghadapi tantangan sales di tahun 2009… !!! Tapi memang … mau nggak mau… apalagi ngeliat performance sampai kuartal I-2009,… kedudukan Honda agak terancam… so menurut gue kudu ada perubahan yang signifikan.. terutama dari R & D yang berimbaz pada time to market yang lebih cepat… !!!










Leave a Reply