Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments








Oke… di artikel ini gue coba kupas dengan perspektif seorang Juragan ROndO… yang terjun pada awal blogger otomotif berdiri… bareng dengan Mas Ilham Kafemotor dan Mbah Dukun beranak …!!! Menurut gue,… seorang blogger ketika memutuskan untuk terjun sebagai bloggerz harus sudah siap rugi terutama dari sisi materi / finansial …!!! Jadi jangan berharap break event point (BEP) apalagi make profit dari blog yang dimilikinya ….!!! Pengalaman Juragan ROndO beli lensa tele, beli HD video camera, beli action cam, beli performance box etc… tidak sedikit biaya yang dikeluarkan… iya tho …???
Terus yang ‘dijual’ oleh seorang bloggerz apa … ??? Bloggerz ‘menjual’ tulisan / artikel dengan hati …!!! Kenapa dengan hati …??? Yup,.. hati tidak pernah berbohong… hati identik dengan perasaan tulus ikhlas … hati diasosiasikan dengan cinta… kasih sayang … care etc…!!! Ketika seorang bloggerz menulis dengan hati… bumi akan gonjang-ganjing … langit akan kelap-kelip (lho kok koyo dalang) …!!! Maksudnya disini,… para pabrikan di singgasana akan tersentak… para konsumen akan tersentak … yup ibarat terkena power of heart tadi …!!!
Tidak heran… ketika tulisan dibuat dengan hati … review seorang bloggerz begitu dijadikan referensi para konsumen …!!! Kritik seorang bloggerz… membikin panas petinggi level atas para pabrikan …!!! Kok panas seh mas … ??? Karena seperti lagunya Alda… Aku ntaak biasa… tidak biasa dikritik dengan sangat pedas… yang biasanya adalah “Asal Bapak Senang’ ataupun “Asal Mami Senang” … mirip koor lagu do-re-mi-fa-sol… ikan tongkol …!!! Eksistensi Bloggerz menjadi tersorot… ketika kebebasan menyuarakan pendapat di junjung di negeri ini …!!!
Mulai laaagh terjadi ‘kerja sama’ bisa dalam arti sempit… dan bisa dalam arti luas …!!! Dalam arti sempit,… undangan berupa misalnya product launching… ataupun test ride suatu product …!!! Dalam arti luas bisa memasang iklan di blog … ataupun kerjasama kontrak sebagai “outsourcing public relation” … !!! Gue membagi dalam arti sempit disini maksudnya duration atau impactnya relatif lebih pendek dibandingkan dengan arti luas… !!! Ketika terjadi suatu ‘kerjasama’ yang terikat dengan unsur materi… mulai laaagh sedikit banyak akan terpengaruh …!!! Yup,… absolutely sedikit banyak akan terpengaruh… !!!
Jangan harapkan ada suara lantang untuk menyuntik mati suatu product,… jangan harapkan ada kritik membangun yang pedas yang tersuarakan… semua seperti ‘koor’ bilang … baguuuezzzz …. !!! So disini kembali basic question adalah apakah misi utama dari seorang bloggerz… ekstrem nya adalah apakah profit individual (mirip profit organization) atau non-profit individual… ???
Ketika seorang Bloggerz menerima iklan… ada konsekuensi yang akan diperoleh …!!! Pertama,… tidak ada dua matahari kembar … dalam artian misalnya tim pabrikan Ducati saza memilih sponsor oli adalah Shell… !!! Tidak ada khan sponsor oli Ducati adalah Shell dan Agip … ini yang berlaku umum… betul khan …??? Ketika harus memilih… persepsi mindset konsumen terhadap blog agak berubah… Ogh si Anu pake jaket ini…. Ogh si Anu pake jaket itu … etc…!!! Pabrikan pun akan melihat… bagi pabrikan yang terpasang iklannya… seolah mempunyai ‘kemenangan’…. bagi yang tidak seolah mengalami ‘kekalahan’ … dan berusaha mencari bloggerz lain untuk contra-opini …!!!








Leave a Reply