Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well,… sebelum bicara tentang strategy branding pabrikan… monggo dilihat saza… bahwa selama ini pun kita pasti juga membentuk branding pada diri kita …!!! Brand atawa harga diri / citra seseorang… sangat menentukan ‘value’ orang tersebut …!!! Salah satu artist cantik yang lage terserang masalah video porno…. langsung mengalami banyak pemutusan kontrak… yup ini salah satu persoalan branding …!!! Salah satu komunitas motor yang tidak tahu menahu tentang strobo dan tetek bengeknya… langsung meradang dan tidak terima… ketika dituding secara tidak akurat oleh salah satu media online …!!! Yup ini lagi-lagi persoalan branding … image… citra etc…!!! 😀
Bagi culture orang Jawa… yang namanya prodo atau harga diri… itu dijunjung tinggi …!!! Apalagi bagi kalangan ningrat… ibarat mutlak… dan jika sudah commit… kudu dijunjung tinggi …!!! “My Word is my bond”… pasti dipegang teguh… nggak perlu ada kertas / perjanjian… !!! Demikianlah… gambaran awal… mengenai bagaimana orang berusaha menjaga citra / imagenya… coz… brand / citra / image… bisa bersifat priceless.. ataupun invaluable … !!!
Balik lage ke pabrikan motor… maka segala strategy pemasaran… tidak terlepas dari upaya strategy branding …!!! Sebagai contoh,… ketika pabrikan Honda mencoba untuk memasarkan skutik Scoopy… dan konsumen tahu bahwa Honda sangat concern akan safety riding… maka disaat test riding Scoopy… tentu sudah dipersiapkan soal safety gear …!!! So … perhatikan ada ‘inline’ antara memasarkan dengan mengundang bloggerz…. dan persiapan safety gear lengkap bagi para test riderz …!!!
Apa jadinya… jika para test rider tidak dilengkapi dengan safety gear… terus terjadi apa-apa… ??? Waagh … jika ter expose… bisa-bisa image yang dibuat bahwa sangat concern akan safety… jadi runtuh …!!! Jadi para pabrikan kudu mengambil hal-hal / aktivitas yang positif untuk memupuk brandingnya …!!! Dulu ada pabrikan yang ngeluuuh… kok kalau ngundang si Anu… bukan malah jadi baik… malah dikritik / dicaci habis-habisan… dan ujung-ujungnya impactnya negatif ….!!! Yooo nggak usah ngundang… repoot amaaat… lha wong … host punya hak kok mau ngundang siapa … atau tidak mengundang siapa …!!!
Secara berseloroh… gue katakan… lha wong Event Organizer balapan… bisa ngundang kok UG mana yang mau disewa… !!! Mau goleeek seng ayu-ayu… opo Rondo kempling… yooo monggo wae… !!! Perhatikan iklan Honda yang akhir-akhir ini… menekankan “jangan lupa pake helm”… ini sebagai upaya memupuk bahwa brand ini sangat peduli akan keselamatan …!!! Branding (alias proses pembentukan brand)…. kudu inline dengan mindset / ekspektasi konsumen …!!! Bagaimana konkritnya mas tri… yaaagh tunggu artikel selanjutnya aza… sudah mau siap-siap Jumatan jeeee … !!! 😀










Leave a Reply