Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well,… jika ditahun 2008 … pabrikan Honda yang meraih best strategy… sekarang giliran pabrikan Yamaha yang meraih best strategy dari blogz ini … !!! Indikator nya simple… sebagaimana MotoGP bisa melihat pergerakan dari point ke point,… hanya melihat berapa tambahan percentage market share yang bisa diraih masing-masing pabrikan …!!! Dan sebagaimana terlihat pada grafik diatas… delta market share pabrikan Yamaha di tahun 2009… cukup melonjak drastis… dari 39.7% menjadi 45.3% atau sekitar 5.6% …!!! 😀
Pabrikan Honda relatif stagnan di 3 tahun belakangan ini… berkutat diangka 45 – 46% saza… penguasaan market sharenya … !!! Jika ditanya kenapa pabrikan Yamaha begitu monceeer… dalam penguasaan market share… ??? Well,… memang selain advertising strategy nya cukup gencar… kompetitor terutama Honda… nggak dapet mengambil momentum … ndlozooornya pabrikan Suzuki … !!! Dalam artian… sewaktu demand begitu kuat terhadap skutik… pabrikan Yamaha yang puter gazzz kenceng… nggak bisa diimbangi oleh Honda yang masih terbelenggu dengan kapasitas produksi … !!!
Belum lagi… varian Vario Sutekno… yang terlambat datang membela panji skutik Honda… praktis Mio Sporty… begitu sporty ngaciiirnya… !!! Lha wong Honda waktu itu masih terbentuzzz di 60 rebu unit pada kapasitas produksinya… !!! Belum lagi… beberapa konsumen skutik Suzuki pindaah ke lain hati… dan yamaha sangat siap … sebagai tempat berlabuh… !!! Belum lagi jajaran V-ixion si Giant Killer… cukup lumayan mendongkrak market share di segment sportz… !!!
Memang,… terlihat sekali… ketika Honda sudah bisa meningkatkan kapasitas skutik… agak sulit pabrikan Yamaha menggebuk Honda… walau sempet 3 kali… Yamaha menggebuk Honda… !!! Pabrikan Suzuki memang… agak miris keadaannya dan menurut gue memang kudu ada tranformasi total dari sisi strategy… inovasi… marketing etc… !!! Coz market share percentage sekarang berada dibawah 10%… !!! Langkah memindahkan R & D nya sudah benar… tinggal outcomes nya aza… kudu cepeeet … !!!
Last,… sekarang antara Honda dan Yamaha… terlihat beda tipiz… !!! Jelas sekali.. di tahun 2010… pasti peperangan akan semakin berkobar… !!! Product baru bakalan bertelooor… marketing strategy akan berbeda… advertising strategy juga akan mengalami kejutan-kejutan… new wave marketing … bakalan di explore habis-habisan… !!! Berbagai contra akan semakin bermunculan… dan layak ditunggu… dan berbagai pertanyaan muncul dibenak gue… !!! Akankah Honda masih bisa membungkam Yamaha… akankah Yamaha akhirnya bisa jadi juara… atau akankah Suzuki bakalan bangkit… lets time will tell … !!! 😀










Leave a Reply