Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well,… jika beberapa sektor industri lagi kebat-kebit… gara-gara akan diberlakukannya ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA),… menurut gue sektor industri motor … masih bisa bernapas lega… !!! Ditanya kenapa … ??? Yang namanya industri dodolan product… sangat tergantung dari konsumennya …!!! Sekarang pun,.. monggo dilihat market share product China berbentuk motor… sangat segmented.. !!! Padahal harganya sudah supeeer murah… kok nggak secara signifikan mendongkrak penjualan … ??? Ada apa dengan konsumen motor Indonesia… kok nggak price elastis seegh …??? 😀
Yaaagh,… begene laaagh kalau yang namanya mindset… !!! Mindset terbentuk dari pengalaman,… ataupun terpengaruh dari lingkungan sekitar …!!! Dulu memang sempet,… motor China bikin ketar-ketir… ketika krisis menimpa Indonesia tahun 1998-an …!!! Namun,… masalah after sales service… pada waktu itu… kurang begitu kuat… !!! Disamping itu,.. seiring dengan meningkatnya income masyarakat… karena perekonomian Indonesia sudah recover… konsumen Indonesia ingin yang lebih lagi…!!!
Berdasarkan pemantauan gue selama ini,.. konsumen motor Indonesia itu… ‘selera’ nya tinggi banget …!!! Bagi mereka,… minimal product Jepang,… dan product Europe ataupun Amerika… untuk segment premium …!!! Apalagi anak muda… mereka seolah ‘malu’ menggunakan product China… nggak terlalu pede dengan ini… !!! Jarang yang bangga akan product China… sehingga berusaha meng- ‘hapus’ brand / merek yang melekat di motor tersebut… !!!
Mungkin kalau ‘menyerang’ secara langsung dengan brand product… agak susah melawan eksistensi 3 besaar pabrikan Jepang di Indonesia. Namun masalah partz … mungkin juga industri Indonesia kelojotan… !!! Namun pasti akan hati-hati… sekali ketahuan oleh konsumen Indonesia… bahwa motornya pake parts China… bisa jadi sebagai ‘bensin’ yang akan membakar kredibilitas pabrikan Jepang… !!! Last,… dengan dibukanya ACFTA… mungkin ada lesson learned yang bisa diambil… bukankah demikian …??? 😀










Leave a Reply