Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well… ngambil lesson learned… dari balapan di Sentul kemaren,… dan sewaktu ngeliat data penjualan motor 2007 – 2008… beberapa juruz bisa diterapkan… !!! Silahkan liat grafik disebelah kanan ini… !!! Apa yang bisa disimpulkan… ??? Yup… demand terhadap skutik begitu tinggi… growthnya begitu fantastis dibandingkan segment lainnya… !!! 😀
Lihat saza… growth skutik itu mencapai 87.45%,… mengalahkan growth motor sportz yang 61.49%… dan terakhir segment bebek cuma meningkat 15.13% …!!! Artinya apa… ??? Skutik semakin menjadi pilihan konsumen di Indonesia… !!! Demikian pula motor laki… juga semakin menjadi pilihan… dan fenomena seperti ini… relatif mirip di India… dimana konsumennya lebih menginginkan cc yang lebih besar… !!!
Melihat data ini… bisa diambil kesimpulan… bahwa skutik yang serba praktis… pelan namun pasti akan semakin menggerus motor bebek… sampai suatu level tertentu… perkembangan motor bebek akan segitu-gitunya… walau hal ini masih jangka panjang… !!! Naagh,… gimana pabrikan Yamaha mengambil ancang-ancang… ngeluarin strategy nya… untuk tetep mempertahankan dominasi di segment skutik… ???
Kembali lagi ngeliat ke data… kompetitor terdekat Yamaha … sudah meningkat market sharenya di segment skutik dari 32% menjadi 33%… di tahun 2008 yang lalu… !!! Dan terlihat banget… pabrikan Honda melihat adanya peluang… untuk mengambil segment ini … untuk semakin memegang supremasi ‘juara’ motor dan menyapu bersih di segala segment… !!! Lihat saza … program-programnya… kantong-kantong gemuk skutik… seperti Bali… pasti dirambah… !!!
Kemudian focus ke racing line… ??? Apa pula itu.. jualan kok pake racing line… ??? Racing line itu adalah lintasan yang jika dilalui… maka hasil optimal bisa diraih… !!! Naagh setelah product baru keluar… gimana memasarkan agar hasilnya optimal… !!! Ambil data… daerah mana saza yang potential… lakukan promo disana… dan tentu saza promo melalui media TV, elektronis lebih mengena… !!! Kemudian skim kredit… juga perlu dioptimalkan… strategy financing…. yang lebih mengena di tengah krisis global perlu ada terobosan baru… !!! Pemilihan warna yang sesuai… yang disesuaikan dengan mindset konsumen… !!!
Naagh late braking ‘eee piyee… ??? Late braking ini… untuk semakin menjauhi agar lawan nggak bisa mendekat … !!! Yaagh.. gampang… segala sesuatu yang bisa ‘ngerem’ atau menghambat laju motor dibuang… !!! Apa itu… ??? Yaagh… jangan sampai model indent-indentan… gampangnya konsumen minta berapa… barang ada… mau cash kek… kredit kek.. ada on stock… !!! Semua strategy itu… perlu dikontrol melalui mata / indera.. kalau di race… !!! Gimana caranya… ???
Yaaagh.. semua keadaan diluar… kudu dipantau… !!! Segala manuver pihak kompetitor… dilihat dan harus cepat dianalisa … dan response atau contra strategynya gimana… !!! Yaagh.. sebagaimana gue race kemaren,… setelah overtake… indera pendengaran gue mencoba ‘scanning’ ada nggak suara yang membuntuti gue… dan selalu konsisten… melakukan jurus racing line, guasss pooll,… dan late braking… !!! Naagh mirip dengan itu,… pabrikan Yamaha … kayaknya kudu melakukan hal yang sama… !!! 😀










Leave a Reply