Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well,… ini fenomena yang cukup menarik… dalam the way of marketing… yang terjadi di Indonesia … !!! Yup… mau nggak mau… siap nggak siap… pabrikan kudu mulai gandeng Bloggerz… !!! Pada event preview product Yamaha… salah satu petinggi Yamaha.. menyadari akan pentingnya Bloggerz / komunitas sebagai channel memasarkan product … !!! Gue pun kemarin juga diinterview oleh wartawan dan staf internal Yamaha… !!! Khusus mengenai hal tentang Bloggerz… mungkin gue bisa share sedikit tentang apa itu Bloggerz… sehingga konsumen / pabrikan bisa memahami… !!! 😀
Pertama,… Bloggerz itu menulis berdasarkan kecintaan / hobby tentang suatu bidang… !!! Let’s say Bloggerz motorcycle… ia akan menulis tentang hobbynya itu dengan passion… !!! Bahkan untuk invest… alias buang duit untuk hobby nya itu… dilakoni… !!! Seorang wartawan agak heran,… sewaktu gue jelaskan bahwa gue bawa camera Nikon+lensa tele, video camera High definition, dan action cam… untuk mengabadikan event … dan share kepada pembaca dalam media blogz… !!!
Kedua, knowledge Bloggerz… rata-rata beragam… dan mengenai motor saza… kecintaannya beda-beda… !!! Ada yang seneng mengulas tentang balapan / race… !!! Bahkan saking senengnya… sampe ngikuuut balapan.. dan pernak-pernik balapan… komplit dia bisa jelaskan A – Z … !!! Ada yang seneng dengan safety riding,… dan jangan ditanya tentang peraturan / perundangan… ataupun sosialisasi tentang safety riding… ia bisa mengetahui dari A – Z … !!! Ada yang seneng mengulas motor dari sisi marketing / manajemen… dan ia bisa menceritakan A – Z … tentang value, keadaan keuangan pabrikan… sampai teori-teori baru tentang marketing… !!!
Ketiga,… para bloggerz rata-rata termasuk idealis… nggak pakai tedeng aling-aling… kalau bertanya… !!! Apa yang ditemuinya… dirasakan… akan ia tuliskan… !!! Setelah meliput,… ia akan menuliskan langsung di blogz… !!! Karena bukan profesi, maka ia ndak mendapat bayaran terhadap apa yang ia tulis… beda dengan wartawan sebagai profesi … !!! Karena ndak ada bayaran,… ia nothing to lose… putih yang ia jumpai… ia bilang putih… hitam yaa hitam… !!!










Leave a Reply