Search Articles
Calendar
Archives
Categories
Recent Posts
Singapore berada di persimpangan jalan,… Netizen Singapore menuding Malaysia suka meniru Singapore…??? (29)
August 24, 2026
Jepang dikerjain oleh Amerika Serikat di Plaza Accord tahun 1985,... mata uang Yen dibuat menguat sekarang ekonomi nya terancam ambyaaar ...???
August 23, 2026
Iran akan putuskan ekspor minyak dari selat Hormuz,... Amerika Serikat berani lanjutkan perang ekonomi melawan Iran ...???
August 22, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… 70% Rumah Tangga di Malaysia hidup pas-pasan, tanda ekonomi Malaysia tidak baik-baik sazaaa …??? (49)
August 21, 2026
China tolak ajakan perang ekonomi melawan Iran,... strategy perang President Trump gagal totaaal ...???
August 20, 2026
Balapan GDP di negara ASEAN sampai semester 1 tahun 2026,... Indonesia juara, Singapore runner-up ...???
August 19, 2026
Malaysia akan mengalami krisis akibat karma,… Ombak KLCC Mall akan dibuka, akankah diserbu oleh Banglaaa dan kembali runyaaam…??? (48)
August 18, 2026
Singapore berada di persimpangan jalan,… Singapore hendaknya belajar dari case Jepang …??? (28)
August 17, 2026
Recent Comments







Well… jika di segment bebek 110cc,… Absolute Revo membungkam Vega ZR… bisa dibilang wajar,… maka wajar juga jika di segment skutik… dominasi Yamaha masih terlalu kuat untuk bisa digoyahkan oleh Honda…!!! Secara total .. penjualan bulan Februari 2009,… skutik Yamaha bisa terjual 79.115 unit… yang terdiri dari Mio terjual sebanyak 58.651 unit… dan Mio Soul terjual sebanyak 20.464 unit… !!! Sedangkan Honda… baru bisa menjual sebanyak 52.822 unit,… yang terdiri dari Honda Vario sebanyak 28.182 unit dan Honda Beat sebanyak 24.640 unit… !!! Wajarnya dimana seh… sehingga Yamaha bisa membungkam Honda… ??? 😀
Pertama,.. dari sisi product… jelas Yamaha mempunyai 3 range of product… yaitu Yamaha Mio SW,… kemudian ada Yamaha Mio CW dan terakhir ada Yamaha Mio Soul. Sedangkan Honda,.. hanya mempunyai 2 range of product yaitu Honda Beat dan Vario. Bukan sekedar range of product, namun juga membawa konsekuensi di sisi harga… !!! Jika diposisikan Yamaha Mio head-to-head dengan Honda Beat… harga product Yamaha juga lebih murah… Mio CW dibanderol seharga Rp. 12.1 jeti… sedangkan Honda Beat dibanderol seharga Rp. 12.2 jeti… !!! Belum lagi Yamaha Mio SW.. berjalan sendirian… dibanderol seharga Rp. 11.3 jeti… !!! Ini artinya apa… Honda Beat.. dikeroyok oleh 2 product Yamaha… plus lebih murah lagi… !!! Menarik melihat adalah.. Honda Vario yang diposisikan melawan Mio Soul,… lebih berjaya walaupun banderol harga lebih mahal… !!! Honda Vario dibanderol seharga Rp. 14.6 jeti… sedangkan Yamaha Mio Soul dibanderol seharga Rp. 13 jeti… !!! Kok yang mahal lebih laku… ??? Yaagh.. segment skutik Vario atau Soul sudah termasuk segment skutik premium… so masalah fitur… turut diperhitungkan… !!! Disamping faktor advertising juga mempengaruhi… sukses Honda Vario membungkam Mio Soul.. !!!
Faktor kedua,… adalah efek dari first mover masih terasa banget… di benak konsumen… !!! Terlebih konsumen cewek… lebih menyukai skutik kecil dan ramping… !!! Gue sendiri pernah berkomentar, bahwa Mio itu lebih sexy… yaagh itu dari rangkuman / mindset konsumen terutama konsumen cewek… !!! Terlebih lagi ibu-ibu… sudah spesifik.. menginginkan Mio… ndak mau Mio Soul,… ndak mau Vario atau yang lain.. !!! Naaagh yang begini inilah… efek terdalam dari first mover… !!! Pihak Suami… walaupun berbusa-busa nerangin… kalau yang ini ada fitur radiator, ini ada side stand switch… etc,… tetep aza nggak ngaruh… !!! Istilahnya… pokoke inginnya yang ini… titik… ndak ada koma… !!!










Leave a Reply